Friday, March 21, 2008

Rafflesia Mekar di Taba Penanjung

Bunga kebanggaan Provinsi Bengkulu, Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Desa Tanjung Heran, Kecamatan Taba Penanjung, Bengkulu Utara (BU). Pertama kali ditemukan oleh Budi bersama warga setempat, Kamis (21/3). Bunga Rafflesia yang mekar dengan sempurna ini memiliki diameter kurang lebih sekitar 50 cm.
Lokasi ditemukannya Bunga Rafflesia ini di pinggir jalan raya Bengkulu-Curup sekitar 10 meter dari jalan lintas Taba Penanjung-Kepahiang. Pengunjung yang ingin melihat langsung bunga ini tidak perlu bersusah payah untuk masuk ke dalam hutan. Ditemukannya Bunga Rafflesia yang sedang mekar di tempat ini secara kebetulan, karena sebenarnya kami sedang mencari Bunga Rafflesia di sekitar lokasi ini juga, namun sepertinya sudah layu. Malah di tepi jalan ada Bunga Rafflesia yang sedang mekar dengan sempurna, terang Budi.
Mekarnya bunga langka ini, kemarin banyak dilihat oleh warga yang melewati ruas jalan tersebut. Sangat jarang bisa melihat Bunga Rafflesia yang sedang mekar dengan sempurna seperti ini, karena biasanya ditemukan baru dalam keadaan kuncup atau bahkan sudah layu, ujar Wawan (30) warga Pagar Alam.
Wawan, kebetulan lewat jalan ini hendak ke Kota Bengkulu. Setelah melihat ada tanda Bunga Rafflesia mekar, dia bersama keluarganya berhenti sejenak untuk melihat langsung karena jarang sekali melihat bunga ini.
Untuk dapat melihat Bunga Rafflesia ini, pengunjung diminta untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000/orang. Tiket tersebut dianggap tidak mahal mengingat uang tersebut dirasakan sebanding dengan apa yang didapatkan dengan melihat keindahan bunga langka yang sampai saat ini belum bisa dibudidayakan tersebut.
Bagi masyarakat yang ingin melihat keindahan Bunga Raffesia yag sedang mekar dengan sempurna ini dapat melihat langsung ketika melintas di ruas jalan itu. Namun perlu diingat, bahwa mekarnya bunga ini tidak dapat bertahan lama karena akan segera layu setelah mekar sempurna.(be-on/BE)

No comments: