Sunday, March 16, 2008

Pelajar Hingga Menteri Gelorakan 'Ayo Bangkit'

Usia Kota Bengkulu sudah terbilang sangat-sangat uzur. Tepat hari ini, usia Kota Bengkulu sudah mencapai 289 tahun.
Walau usia sudah terbilang sangat-sangat uzur, namun Kota Bengkulu masih tertinggal dibandingkan kota-kota lain yang seusianya dengannya. Terkait hal itu, H Ahmad Kanedi SH dan Edison Simbolon SSos yang hari ini tepat 4 bulan menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota, dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke-289 mengajak seluruh elemen masyarakat Kota untuk menggelorakan program 'Ayo Bangkit.'
Program yang diusung Kanedi-Edison saat kampanye Pilwakot lalu itu terdiri dari pendidikan gratis, kesehatan gratis dan ekonomi kerakyatan yang menjadi pilar pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Kanedi-Edison semasa menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota.
Di sisi lain, untuk semakin menggelorakan program 'Ayo Bangkit' bertepatan dengan HUT Kota ke-289 hari ini, para menteri, pejabat Pemkot serta unsur Muspida serta para pelajar dan masyarakat umum (diwakili pemain PS Bengkulu) akan melakukan aksi pemecahan rekor MURI giring bola sebanyak 2890 buah. Acara spektakuler ini akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB.
Para peserta itu sendiri akan mengambil start di Pemkot. Kemudian menggiring bola melewati Jl S Parman, Jl Jati dan finish di Stadion Sawah Lebar.
Tiba di Stadion Sawah Lebar, selain menerima penyerahan sertifikat pemecahan rekor MURI, juga akan dilaunching pendidikan dan kesehatan gratis--dua dari pilar program 'Ayo Bangkit'.
Walikota Ahmad Kanedi SH MH didampingi Wakil Walikota Edison Simbolon SSos kepada BE mengatakan acara giring bola ini, selain terapi mental terhadap anak-anak kota yang trauma akibat bencana gempa, juga sebagai spirit bagi Pemkot dan seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan program 'Ayo Bangkit.' Tak hanya pelajar yang ikut, rencananya menteri dan unsur muspida Kota dan Provinsi akan ikut dalam acara ini. Semoga kegiatan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bangkit dari keterpurukan, tegas lelaki yang akrab disapa Bang Ken.
Sementara itu, sebelum acara giring bola, pagi ini, walikota bersama jajarannya dan anggota DPRD Kota melaksanakan upacara bendera. Setelah itu, sekitar pukul 09.00 WIB, mereka akan mengikuti sidang paripurna di DPRD Kota.
Malam harinya, bertempat di Balai Kota akan digelar acara syukuran. Sedangkan di Simpang 5 Kota Bengkulu akan digelar malam hiburan rakyat.
''Mari kita jadikan perayaan HUT Kota ke-289 ini sebagai momentum kebangkitan Kota Bengkulu. Ayo bangkit masyarakat Bengkulu! Mari bersama-sama membangun Kota Bengkulu, menuju masyarakat yang bermartabat dan makmur. Sesuai visi dan misi Pemkot,'' tegasnya.
Pendidikan Gratis
Selama masa kepemimpinannya, Kanedi-Edison telah menyiapkan serangkaian program pembangunan ungulan. Pembangunan itu bertumpu pada 3 pilar pembangunan utama. Yakni pendidikan gratis, kesehatan gratis dan ekonomi kerakyatan.
Untuk pendidikan gratis akan dilaksanakan oleh Dinas Diknas Kota sebagai leading sector. Porsi anggaran untuk program itu, Pemkot telah menyiapkan dana Rp 45 M yang masuk dalam APBD 2008.
Dari jumlah itu, sekitar Rp 24 M diantaranya untuk membiayai subsidi biaya operasional di sekolah negeri. Perinciannya tingkat SD sebesar Rp 5, 9588 M, SMP Rp 3, 346542 M dan SMA Rp 11, 2158 M.
Subsidi pada sekolah-sekolah itu hitungannya berdasarkan jumlah siswa di masing-masing sekolah. Setiap siswa tingkat SD mendapat subsidi sebesar Rp 36 ribu perbulan, siswa SMP subsidinya Rp 50 ribu perbulan, siswa SMA Rp 75 ribu perbulan dan siswa SMK subsidinya Rp 100 ribu perbulan. Dialokasikan dengan dana tersendiri.
Subsidi ini hanya berlaku untuk siswa yang bersekolah di sekolah negeri saja. Juga termasuk sekolah dibawah naungan Departemen Agama (Depag) Kota.
Sementara untuk sekolah swasta Pemkot hanya memberikan bantuan subsidi. Untuk sekolah swasta secara keseluruhan (SD,SMP,SMA) sebesar Rp 3 M. Dibagi rata ke setiap sekolah swasta.
Namun untuk tahun 2008 ini, karena realisasinya di tahun ajaran baru atau bulan Juli mendatang, disepakati subsidi tersebut hanya diberikan selama 8 bulan saja,'' jelas Bang Ken.
TK
Tak hanya itu Pemkot juga menganggarkan dana untuk membiayai program pembinaan TK (Taman Kanak-Kanak) sebesar Rp 17 M, bantuan peningkatan SDM guru Rp 150 juta serta anggaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Rp 2 M. Selain itu Walikota juga mengusulkan honor guru bantu sesuai jumahnya anggarannya Rp 44 juta.Ditambah honor guru di Kota sebesar Rp 75 juta.
Dana ini diluar dana transportasi yang sudah dianggarkan Pemkot melalui Diknas selama ini.
Selebihnya anggaran Diknas digunakan untuk biaya rutin. Seperti pemeliaharaan gedung sekolah, gaji pegawai, biaya listrik, telepon, ATK dan sebagainya, katanya.
17 Puskesmas
Sedangkan program kesehatan gratis akan dikelola Dinas Kesehatan Kota. Terhitung tanggal 17 Maret mendatang kesehatan gratis mulai bisa dinikmati masyarakat. Warga bisa berobat gratis untuk semua jenis penyakit di 17 Puskesmas yang tersebar di Kota Bengkulu.
Kadinkes Kota dr Supardi saat ditemui BE mengatakan ada 6 item pelayanan kesehatan tingkat dasar di Puskesmas yang digratiskan. Salah satunya yang paling penting membebaskan biaya pengobatan di Puskesmas. Mulai dari retribusi Rp 5.000 yang selama ini ditarik dari pasien tak lagi dipungut. Selain itu biaya obat, injeksi atau suntik, cabut gigi, periksa tensi darah, jahit luka ringan, pemasangan alat kontrasepsi atau KB juga digratiskan.
Sedangkan 5 item lainnya antara lain promosi kesehatan atau sosialisasi kesehatan pada masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan pada masyarakat, pelayananan terhadap ibu dan anak. Termasuk pemeriksaan terhadap ibu hamil dan menyusui. Berikutnya perbaikan gizi masyarakat. Diini terdapat pemulihan kesehatan bayi dan Balita mengalami kasus gizi buruk. Terakhir penggratisan pencegahan penyakit menular. Mulai dari penanganan penyakit demam berdarah, TBC dan lainnya.
Biaya kesehatan gratis ini ditanggung oleh Pemkot. Ini melalui subsidi dana dari APBD Kota tahun 2008 yang disahkan DPRD Kota dan Pemkot tanggal 6 Maret 2007 lalu. Besarannya senilai Rp 3,4 M. Terdiri atas Rp 2,3 M untuk membiayai logistik atau obat-obatan yang dibutuhkan pasien. Juga untuk membiayai bahan habis pakai yang dibutuhkan Puskesmas. Seperti jarum suntik, plastik pembungkus obat, dan lain-lainnya. Sisanya Rp 1,115 M lagi digunakan untuk biaya operasional pelaksanaan kesehatan gratis di lapangan.
Seperti biaya transportasi pengangkutan obat-obatan dari gudang ke Puskesmas, biaya transportasi kendaraan operasional, biaya operasional petugas medis dokter, bidan dan perawat di lapangan.
Untuk melayani kesehatan warga kota ini kita memiliki tenaga dokter umum sebanyak 22 orang dan dokter gigi 8 orang. Ditambah dengan tenaga medis lainnya seperti bidan, perawat, apoteker sekitar 480 orang. Mereka ini telah ditempatkan di Puskesmas di kota,'' tambah mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Bengkulu periode 2004-2007 itu.
67 Koperasi Wanita
Salah satu program unggulan pilar pembangunan Kota, Ekonomi kerakyatan dilaunching tanggal 17 Maret ini. Selaku pelaksana program Dinas Koperasi dan UKM Kota telah siap melaksanakannya.
Kami sudah memiliki data valid mengenai jumlah koperasi dan pelaku UKM di Kota. Namun untuk prenyaluran ke koperasi-koperasi wanita masih harus menunggu lebih lanjut. Karena di kta baru ada sekitar 26 unit. Sementara walikota memusatkannya di koperasi-koperasi wanita di 67 kelurahan. Artinya kita masih harus membentuk 41 Koperasi wanita lagi,'' ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Sudarto MS melalui Kasubdin Fasilitasi dan Simpan Pinjam, Erwan Syafrial SE.
Sementara data yang tercatat di dinas koperasi kota Per 31 Desember diketahui, jumlah koperasi di kota saat ini sebanyak 371 unit dengan jumlah anggota 42.141 orang. Dari jumlah ini koperasi wanita yang dijadikan tumpuan ekonomi kerakyatan hanya berjumlah 26 unit dengan jumlah anggota 2.964 orang. Koperasi yang aktif hanya 20 unit, sedangkan 6 lainnya tidak aktif.
''Dari sekarang koperasi-koperasi wanita mulai dibentuk. Kalau ada yang mau mendaftar silahkan datang ke Dinas Koperasi,'' katanya.(be-on/BE)

A.Rute Pecahkan Rekor MURI Giring Bola 2890 Buah
Start Kantor Pemkot-Jl S Parman-Jl Jati-Jl Cendana-Finish Stadion Sawah Lebar
B.Peserta Rekor MURI Giring Bola 2890 Buah
-Mensos, Mensesneg, Mendiknas atau yang mewakili
-Unsur Muspida Kota dan Provinsi
-Pemain PS Bengkulu
-Pelajar SD, SMP dan SMA/SMK se-Kota Bengkulu.
C. Tiga Pilar Ayo Bangkit
-Pendidikan Gratis
-Kesehatan Gratis
-Ekonomi Kerakyatan

No comments: