Monday, March 17, 2008

Rekor MURI Pecah, Berobat Pun Gratis

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Selain sukses merayakan HUT Kota ke-289, peluncuran 3 pilar pembangunan--pendidikan gratis, kesehatan gratis serta ekonomi kerakyatan--, pelajar dan pejabat Pemkot yang dikomandoi Walikota H Ahmad Kanedi SH MH dan Wakil Walikota Edison Simbolon SSos berhasil memecah rekor MURI 'Giring 2890 Bola'--acara giring bola yang berhasil memecahkan rekor MURI sebelumnya terjadi di Balikpapan 28 Mei 2005. Saat itu 2510 bola digiring oleh peserta.
Acara pemecahan rekor MURI itu sendiri dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. 2890 pelajar serta unsur Muspida Kota yang dikomandoi Walikota dan Wakil Walikota mulai menggiring bola dari depan Kantor Pemkot. Masing-masing peserta memegang satu bola.
Pantauan BE sebelum bendera star dikibarkan, peserta terlihat memanjang dari depan Kantor Pemkot di Simpang Lima hingga Simpang KZ Abidin II Jl Suprapto--sekitar 2 Km. Para peserta terlihat kaos putih dengan les biru bertuliskan Bengkulu Kota Pelajar.
Sementara itu, di barisan depan, terlihat Walikota H Ahmad Kanedi SH MH, Wakil Walikota Edison Simbolon SSos serta tokoh nasional seperti Guruh Soekarno Putra, Anggota DPR Sri Hartarti, Anggota DPD Dipl Ing Bambang Soeroso, Dra Eni Khairani MSi serta unsur muspida Kota dan Provinsi.
Begitu bendera star dikibarkan, para peserta pun mulai menggiring bola. Karena terbilang baru pertama kali, banyak peserta kewalahan saat menggiring bola. Apalagi bola yang mereka giring sempat keluar dari barisan.
''Bola siapo tu ngapolah keluar,'' teriak salah seorang pelajar.
Kondisi ini membuat barisan giring bola yang semula rapat menjadi berjarak sekitar 1-2 M. Walau demikian acara yang menempuh rute Simpang Lima-Jl Supratman-Jl Jati-Jl Cendana dan finish di Stadion Sawah Lebar itu tetap sukses.
Memasuki finish, panitia telah memasang tanda berupa palang. Bagi peserta yang memasuki finish bisa langsung membawa bola dengan tangan. Lalu mereka diminta masuk ke dalam Stadion.
Selanjutnya, setiap bola yang dibawa peserta dikumpulkan di tengah-tengah lapangan.Cukup lama juga menunggu semua pelajar masuk ke dalam stadion. Sekitar 1 jam lamanya.
Setelah semuanya berkumpul, utusan dari MURI Ngardiman memberikan piagam penghargaan kepada Walikota, PSSI dan EO Pelaksana Giring Bola.
''Penilaian sukses giring bola ini bukan hanya dinilai dari jumlahnya saja. Karena itu mudah dilakukan. Namun MURI menghargai kegiatan ini karena melibatkan pelajar se-Kota serta pejabat dan tokoh nasional. Selain itu, acara ini juga bersamaan dengan launching kesehatan gratis, pendidikan gratis dan ekonomi kerakyatan, terang Ngardiman.
Walikota Bengkulu H Ahmad Kanedi SH MH mengaku gembira mendapat penghargaan dari MURI. Ini pertanda kebangkitan pelajar Kota dan kebangkitan olahraga di Kota, khususnya sepakbola,'' tegasnya.
Silahkan Berobat Gratis
Usai penyerahan piagam MURI, Pemkot kemari melakukan launching program kesehatan gratis.
Launching ditandai dengan pelepasan balon gas oleh Walikota. Balon itu sendiri bertuliskan Bengkulu Kesehatan Gratis dan Pendidikan Gratis. Begitu tali balon dilepaskan serta merta langsung membahana suara mercon dan sirene. Disertai dengan hemburan kertas berwarna-warni.
''Untuk kesehatan gratis mulai berlaku hari ini (kemarin-red). Bapak dan ibu tidak usah takut kalau sakit datang saja ke Puskesmas. Berobat saja..Tidak dipungut bayaran apapun,'' tegas Walikota H Ahmad Kanedi SH.
Sementara untuk pendidikan gratis mulai diberlakukan tahun ajaran baru mendatang atau bulan Juni nanti. Anak-anak yang sekolah tidak akan dipungut biaya lagi seperti selama ini.
''Gratis untuk semua, tidak ada pilih kasih. Orang kaya gratis dan orang miskin juga gratis,'' ucapnya.
Apresiasi walikota ini mendapatkan antusias pelajar dan tim medis yang ada di Stadion Sawah Lebar. Sorakan mereka seakan mengisyaratkan sangat setuju degan program kesehatan gratis tersebut.
Tokoh nasional yang merupakan Putra Bung Karno, Guruh Soekarno Putra ketika ditemui mengatakan apa yang dilakukan Walikota Bengkulu ini patut ditiru oleh kepala daerah yang lain. Program yang memang langsung menyentuh dengan kehidupan masyarakat,'' katanya.(be-on/BE)sisa postingan sampai selesai

No comments: